Tuesday, October 12, 2010

RPP Blender for Magang 2010

Banyak cerita yang muncul, dibalik program magang ke Sekolah-sekolah disekitar jatinangor dan Sumedang yang dibuat oleh seamolec. Ada yang bilang magangnya asik lah, mahal lah, ini lah itu lah.... banyak dech!! Nah beberapa posting berikutnya, akan kami ceritakan pengalaman yang kami peroleh di MAS Ma’arif Tanjungsari. Kasih comment ya!!

Nah, pertama-tama, (belum masuk kelas sih) kita ga kunjung juga bertemu dengan Pak Kepala Sekolah. Ga tau deh, pak kepala kayaknya baru ada kesibukan lain. Pasalnya, beberapa kali kita ke sekolah, beliau tidak ada ditempat kerja. Tapi kata bu Bendahara (belum tau namanya red) pak kepala udah setuju kami magang disitu, tinggal kami sesuaikan jadwalnya sama Pak Acep (guru TIK di sana).
Nah, setelah ketemu Pak acep, ada satu hal yang bikin kami kayak guru beneran.... Itu tuh, kita disuruh buat RPP!! Ha ha ha kaya PNS ajah!! Nieh, ane kasih liat RPP yang kami buat untuk program pembelajaran kita: 




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan       :     Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran            :     TIK (3D Blender)
Kelas/semester           :     2 / 1
Standart Kompetensi   :     Membuat disain 3D sederhana
Kompetensi Dasar       :     Membuat animasi kursi kayu
Indikator                    :     a.   Instalasi 3D blender.
b.   Mengenal shortcut pada software 3D blender.
c.    Menggunakan fungsi-fungsi yang disediakan Blender.

Alokasi Waktu             :     6 x 45 menit (3 kali pertemuan)

A.   Tujuan Pembelajaran

1.   Siswa dapat mengenal 3D.
2.   Siswa dapat mengoprasikan software blender.
3.   Siswa dapat mengenal macam-macam shortcut blender.
4.   Siswa dapat animasi sederhana.


B.   Materi Pokok Pembelajaran

1.   Instalasi 3D Blender.
2.   Pengenalan halaman awal dari blender.
3.   Mengenal shortcut-shortcut pada rpg.
4.   mengenal fungsi-fungsi pada blender.
5.   membuat animasi sederhana.


C.   Metode Pembelajaran

Ceramah, tanya jawab, praktek.

D.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1.   Pertemuan Pertama

a.      Pendahuluan
Pemberian pertanyaan ringan tentang animasi pada siswa.

b.      Kegiatan Inti
-       Instalasi 3D Blender.
-       Menjelaskan secara singkat tentang animasi 3D.
-       Penjelasan halaman awal Blender melalui praktek langsung.

c.      Penutup
Siswa diberi PR.



2.   Pertemuan Ke dua

a.   Pendahuluan
Mengulang sekilas tentang materi di pertemuan pertama.

b.   Kegiatan Inti
      Membuat animasi sederhana dengan 3D Blender.

c.   Penutup
Pemberian tugas kepada siswa.

3.   Pertemuan Ke tiga

a.   Pendahuluan
      Membahas kesulitan-kesulitan dari tugas yang diberikan.

b.   Kegiatan Inti
      -     Penyempurnaan karakter yang telah dibuat.
      -     Membuat animasi dari disain karekter yang dibuat.

c.   Penutup
      Berpamitan dengan siswa.


E.   Alat dan Sumber Belajar
      Personal computer, laptop, dan tutorial 3D Blender kaleng joget.






Mengetahui
Guru Matapelajaran TIK




                                                   
NIP.

No comments:

Post a Comment