Wednesday, October 27, 2010

Tutorial 3D Blender : Membuat tangga spiral

Salah satu kelebihan Blender adalah kemampuannya dalam menggunakan animasi sebagai alat untuk membuat model. Aneh kedengarannya, tapi hal ini malah menjadikan teknik modeling yang powerful. Dalam tutorial disini saya akan menjelaskan bagaimana membuat tangga spiral menggunakan Blender. Saya memakai Blender versi 2.48.

Menggunakan cara tradisional untuk modeling memerlukan banyak tahapan, tapi ketika kita sudah menguasai bagaimana animasi yang bisa digunakan untuk modeling menjadi akan sangat mudah ketika kita akan membuat model yang berurutan atau seragam.

Tahap pertama yang dilakukan adalah dengan membersihkan area kerja blender dengan mennghapus kotak “Cube” yang secara default ada ketika kita membuat project baru. Kemudian buat sebuah plane dengan menekan Spasi > Add > Mesh > Plane. Kemudian masuk ke Edit Mode (tekan Tab), seleksi dua vertice sebelah kiri, dan perkecil ukurannya sedikit dengan menekan S dan geser mouse sehingga jaran vertice tadi menjadi lebih dekat. (Gambar 1)


Gambar 1.


Next, seleksi dua vertice sebelah kanan dan geser kesebelah kanan seperti gambar 2.


Gambar 2.


Untuk memberi volume, tahapan selanjutnya dengan extrude plane. Caranya, geser sudut penglihatan menggunakan tombol tengah mouse sehingga dalam 3D View menjadi User. Seleksi semua vertice dan tekan E, pilih Region dan tarik keatas sedikit. Sekarang benda telah memiliki volume. (Gambar 3)


Gambar 3.


Untuk membuat tangga spiral yang bagus, kita gunakan jendela IPO. Bagi jendela 3D menjadi dua dan ubah jendela yang baru (sebelah kanan) menjadi jendela IPO (shift+F6). (Gambar 4)


Gambar 4.


Seleksi tangga yang telah dibuat tadi, tekan I dan pilih Rot untuk rotasi pada frame 1. Di jendela IPO muncul garis hijau. Kemudian geser ke frame 10 (pada jendela IPO, tekan panah atas sekali), lalu rotasikan anak tangganya ke sudut 90 derajad. Caranya, pada jendela 3D tampak atas seleksi anak tangga, tekan R lalu tekan angka -90 (rotasi keatas) dan Enter. Tahap selanjutnya adalah membuat keyframe di frame 10 dengan menekan tombol I dan pilih Rot. Pada jendela IPO sekarang muncul sebuah kurva melengkung.

Sekarang kita akan merubah posisi dari anak tangga. Dimulai dari membuat keyframe pada frame 1. Seleksi anak tangga, lalu pada frame 1 tekan I lalu pilih Loc. Kemudian menuju ke frame 10, ubah posisi anak tangga menuju keatas, teka I lalu pilih Loc. Pada jendela IPO muncul kurva lagi dan melengkung. (Gambar 5)


Gambar 5.


Kita tidak menggunakan kurva lengkung untuk membuat duplikat anak tangga lainnya karena yang akan kita buat adalah anak tangga yang jaraknya sama antara satu dengan ang lainnya. Untuk memperbaiki ini seleksi titik (point) yang ada pada jendela IPO, kemudian tekan Tab untuk menuju ke Edit Mode dan kemudian tekan V untuk menjadikan kurva linier.Ubah kedua kurva melengkung yang muncul menjadi linier semua.

Sekarang kita menuju tahapan yang menyenangkan yaitu memunculkan diplikasi dari anak tangga. Pada jendela 3D frame 1 seleksi anak tangga, kemudian beralih ke Obyek Mode. Pada jendela tombol, tekan tombol DupliFrames yang terletak dibagian kiri. Secara otomatis muncul duplikasi dari anak tangga memutar menuju keatas. Tangga spiral yang kita buat telah jadi. (Gambar 6)



Gambar 6.




Gambar 7.


Anak tangga hasil DupliFrame yang telah kita buat tadi tidak bisa di edit satu persatu. Untuk bisa mengeditnya, kita harus convert dupliframe tadi. Caranya, seleksi anak tangga tekan Spasi>Transform>Clear/Apply>Make Duplicates Real atau tekan (Shift+Ctrl+A) lalu muncul pilihan Make fupli objects real. Sekarang kita bisa edit satu persatu anak tangga yang kita buat.

Terkadang terdapat anak tangga yang letaknya dobel, biasanya pada bagian frame awal atau frame akhir. Harus kita delete salah satu dari boyek dobel tersebut. Cobalah untuk utak atik tombol-tombol dibawah tombol DupliFrame (DupSta, DupEnd, DupOn, DupOff).

No comments:

Post a Comment